«

»

Jan 16

Opini Pendidikan

Untuk Apa Pendidikan

   Pendidikan sangat penting bagi semua orang karena pemerintah sendiripun  telah mewajibkan “wajib belajar 12 tahun” . Telepas dari itu, pendidikan di Indonesia sebagai tolak ukur dalam suatu perusahaan menerima seorang karyawan. Pendidikan juga dapat merubah pola pikir seseorang dan menambah pengetahuan yang lebih luas. Kalau kita melihat pendidikan di Indonesia terlihat masih banyak kendala yang terjadi. Salah satunya adalah pendidikan yang tidak merata. Saat ini pemerintah lebih mengedepankan anak bangsa yang berada di kota.

Anak bangsa yang berada dipelosok Negeri justru terlantar dan harus bekerja keras jika hendak memperoleh pendidikan yang layak. Padahal ketika anak-anak bangsa yang ada dipelosok mendapat pendidikan yang layak mereka punya potensi untuk membangun Negeri ini menjadi lebih baik.

    Selain itu Pendidikan masih dianggap tidak penting oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Karena mereka berfikiran bahwa percuma anak-anak mereka sekolah ujung-ujungnya bekerja, selain itu perihal yang menguatkan asumsi bahwa pendidikan tidak penting adalah banyak orang-orang yang berpendidikan tinggi namun tidak punya pekerjaan, jadi untuk apa mereka menyekolahkan anak mereka mahal-mahal kalau belum ada jaminan dapat bekerja. Jadi sebenarnya makna pendidikan belum sepenuhnya dipahami. Ini yang menyebabkan asumsi negatif tentang pendidikan. jadi pendidikan sangat dibutuhkan untuk merubah asumsi mereka tentang pendidikan yang tidak penting.

    Namun kalau kita sorot lagi pendidikan di Indonesia masih butuh pembenahan karena melihat fenomena yang terjadi di Indonesia masih banyak tindak korupsi yang merugikan negara. Kalau dilihat orang yang melakukan tindak korupsi adalah orang-orang yang berasal dari orang-orang yang memiliki gelar pendidikan yang tinggi. Mereka yang diharapkan jadi panutan dan contoh bagi Indonesia namun bertindak seperti orang tak terdidik. Sebenarnya apa yang salah dengan pendidikan kita? Pendidikan di Indonesia lebih mengedepankan ilmu-ilmu dunia sehingga banyak menghasilkan orang-orang pintar namun tidak terdidik dan akhlak merekapun nol. Jadi perlu pembenahan yaitu dengan tidak hanya mementingkan hasil namun suatu proses untuk mencapai suatu keberhasillan agar dapat mencetak orang-orang pintar yang terdidik.